Latihan Soal Bahasa Indonesia Semester 2 - Masa ujian nasional untuk tingkat 3 sudah hampir memudar, kini saatnya bagi siswa tingkat 1 dan 2 mulai ulet berguru untuk mempersiapkan ujian semester yang sebentar lagi diadakan. Untuk itu, tidak ada salahnya bagi teman pelajar untuk sesekali mengulas dan mempelajari lagi latihan soal semester 2 ini untuk sekedar menyegarkan ingatan kita pada materi-materi yang sebelumnya telah kita pelajari.
Meski mungkin tidak ada kaitannya pribadi dengan ujian semester 2 namun saya yakin dengan mempelajari latihan soal bahasa Indonesia ini teman sanggup ludang kecepeh lincah lagi dalam mentpendapat dan mengerjakan soal-soal bahasa Indonesia. Soal latihan kali ini merupakan soal latihan untuk teman kelas x sekolah menengah atas (SMA), silahkan pribadi disimak ulasannya memberikankut.
Latihan Soal Semester 2 Kelas X
Berikut latihan soal yang sanggup teman pelajari di rumah, tapi ingat soal yang saya tampilkan pada blog ini hanya merupakan cuplikan saja, soal tidak ada yang kurangnya sanggup teman salin nanti dibagian selesai uraian singkat saya. Silahkan disimak berlalu dan silam cuplikan latihan soal untuk semester 2 kelas x dibawah ini.
A. Pilihlah salah satu tpendapatan yang paling tepat.
Dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan Republik Indonesia, tiruana warga Desa Cikujang, Kecamatan Sagalaherang, Subang, melakukan aktivitas pawai. Pawai tersebut diikuti oleh dusun (RW), yakni Dusun Sempur, Dusun Cikujang, Dusun Sangkali, Dusun Cipancar, dan Dusun Pasir Kulon. Dalam pawai tersebut terjadi sebuah bencana yang cukup unik. Peristiwa tersebut menciptakan aktivitas pawai semakin meriah. Di tengah-tengah kegiatan, beberapa warga Dusun Sempur menerbangkan sebuah layang-layang raksasa. Layang-layang berbentuk ikan pari itu berdiameter 300 meter. Pada tali tebal yang membentang terdapat 45 layang-layang kecil yang berfungsi sebagai penyeimbang tekanan udara. Angka 45 tersebut menyimbolkan tahun kemerdekaan bangsa Indonesia.
Hal menarik yang disampaikan dalam info tersebut ialah....
a. Pawai Agustus yang diikuti oleh seluruh dusun di Desa Cikujang.
b. Warga Cikujang bersemangat mengikuti kegiatan.
c. Negara Indonesia telah mengalami alam kemerdekaan selama 62 tahun.
d. Indonesia merdeka pada tahun 1945.
e. Warga Dusun Sempur menerbangkan layang-layang raksasa.
2. Perhatikanlah bacaan memberikankut ini.
Lokasi Danau Maninjau terletak sekitar 38 km sebelah barat dari sentra Kota Bukittinggi. Jika memakai bus umum, dari Bukittinggi cukup mengeluarkan uang Rp2.000,00 untuk satu jam perjalanan. Airnya biru jernih dan kebersihan alami. Danau ini dikelilingi bukit-bukit yang indah sehingga menambah cantiknya pemandangan sekitar terletak 500 m di atas permukaan laut dengan panjang danau 17 km, lebar 18 km, dan kedalaman danau sekitar 480 m.
Pokok pembicaraan dalam bacaan tersebut adalah....
a. Potensi ekonomi Danau Maninjau
b. Letak geografis dan keadaan Danau Maninjau
c. Asal-usul Danau Maninjau
d. Peluang perjuangan di Danau Maninjau
e. Sumber Daya Alam di Danau Maninjau
3. Bacalah ihwal memberikankut dengan saksama.
Jumlah anak jalanan meningkat dengan pesat. Hal ini merupakan salah satu beresiko kenaikan harga barang-barang kebutuhan pokok. Jika diamati, pemerintah terkesan kurang tanggap terhadap permasalahan tersebut.
Pemerintah terlihat ludang kecepeh sibuk mengurusi hal-hal lain yang dianggap ludang kecepeh penting. Padahal, peningkatan jumlah anak jalanan merupakan ancaman berbahaya bagi masa depan bangsa.
Hal yang dikritisi dalam ihwal tersebut ialah....
a. Keterpurukan sosial budaya Indonesia
b. Peningkatan angka kriminal
c. Sikap kurang tanggap pemerintah dalam menyikapi keberadaan anak jalanan
d. Kepedulian pejabat terhadap nasib kaum duafa
e. Keinginan anak jalanan untuk kembali ke kursi sekolah
4. Perhatikanlah karya sastra Melayu klasik memberikankut.
Maka hamba raja itu pun menjungjungkan titah baginda kepada orang bau tanah itu. Maka sembah orangtua itu: "Daulat Tuanku, adapun patik ini hamba juga pada kebawah Duli Yang Maha
Mulia, lantaran asal patik ini duduk dikota Maligai.
Maka pada masa paduka Nenda berangkat pergi berbuat kenegeri ke Ayutia, mak patikpun dikerah orang pergi mengiringkan Duli Paduka Nenda berangkat itu. Setelah Paduka Nenda hingga kepada daerah ini, maka patik pun kedatangan penyakit, maka patikpun ditinggalkan oranglah pada daerah ini.
Unsur intrinsik yang tampak pada kutipan tersebut ialah....
a. tema
b. alur
c. penokohan
d. latar
e. amanat
5. Perhatikanlah info memberikankut.
Sangat lezat menjadi koruptor di negeri ini. Enak lantaran sekalipun telah dieksekusi dan mendekam di penjara, honor sebagai pejabat publik jalan terus. Enak lantaran kendati telah menjadi terpidana, jabatannya tidak dicopot. Enak lantaran tidak ada surat pemberhentian dari presiden. Enak, lantaran begitu keluar dari penjara, pribadi bisa bekerja di daerah tiruanla.
Isi dari info tersebut ialah....
a. Enaknya menjadi koruptor.
b. Suka sedih sebagai koruptor.
c. Sindiran terhadap kenikmatan hidup koruptor.
d. Tips-tips biar dijauhkan dari sikap korupsi.
e. Keinginan pemerintah untuk memberantas korupsi.
6. Hal-hal yang tidak perlu ditayangkan dalam memilih pokok-pokok info ialah....
a. Tentang apa isi info tersebut?
b. Di mana daerah terjadinya informasi?
c. Kapan info terjadi?
d. Bagaimana cara membuatkan informasi?
e. Mengapa info terjadi?
7. Contoh ungkapan persetujuan yang sempurna adalah....
a. Saya oke bila pemerintah memberlakukan denda bagi perokok lantaran saya benci rokok
b. Saya oke saja bila harga barang pokok dinaikkan asalkan saya dimemberikan rizki untuk membelinya
c. saya oke bila pemerintah memberlakukan denda bagi perokok yang merokok di daerah umum. Alasannya, selain merugikan kesehatan si perokok, asap rokok pun berbahaya bagi orangorang di sekitar perokok tersebut.
d. Saya setutju bila bangsa kita dipimpin oleh pemimpin yang sekarang
e. Saya oke bila fakir miskin dimemberikan pertolongan setiap hari
8. Perhatikanlah pernyataan persetujuan memberikankut.
Setelah menyimak permasalahan tersebut, saya oke bila setiap siswa diwajibkan memakai atribut yang sama di lingkungan sekolah. Atribut tersebut mencakup baju seragam, celana atau rok, dasi, kaos kaki, dan sepatu. Adapun ketidak ada yang kurangan lain, contohnya jaket, sebaiknya tidak digunakan ketika aktivitas berguru sedang berlangsung. Hal ini diberlakukan untuk meningkatkan kedisiplinan dan meminimalisir tingkat kesenjangan antar siswa. Tidak tiruana siswa mempunyai kemampuan untuk membeli sepatu atau atribut lainnya di luar apa yang telah ditentukan sekolah. Di samping itu, hal ini pun bertujuan untuk menghindari gaya yang mengikuti perkembangan mode.
Nenda berangkat itu. Setelah Paduka Nenda hingga kepada daerah ini, maka patik pun kedatangan penyakit, maka patikpun ditinggalkan oranglah pada daerah ini.
Alasan dalam pernyataan tersebut adalah....
a. Adanya kesenjangan antarsiswa dan gaya berpakaian berludang kecepeh
b. Kewajiban siswa untuk memakai atribut yang sama
c. Menghindari tawuran
d. Penyetaraan atribut siswa
e. Kesewenag-wenangan siswa yang ludang kecepeh bisa cukup menganggu aktivitas belajar
9. Nilai terdominan dalam karya sastra Melayu klasik adalah....
a. evaluasi kemanusiaan
b. evaluasi teknologi
c. evaluasi gotong-royong
d. evaluasi didaktik (pendidikan)
e. evaluasi sosial
Adi Abdul Somad, dkk. 2008. BSE - Aktif dan Kreatif Berbahasa Indonesia untuk Kelas X.
Salin Latihan Soal Bahasa Indonesia SMA
Sembilan soal cuplikan telah saya memberikankan di atas, kini giliran teman untuk tetapkan ingin menyalin tiruana soal-soal latihan yang ada atau cukup membaca cuplikan di atas. Jika teman ingin mempelajari tiruana soal latihan bahasa Indonesia ini maka silahkan salin soal-soal tersebut melalui tautan yang ada.
Download Gratis Lengkap
Dengan mempelajari seluruh soal bahasa Indonesia Sekolah Menengan Atas ini saya berharap teman tiruana akan ludang kecepeh mantap dalam menghadapi ujian semester yang sebentar lagi diadakan dan semoga hasil ujian semester nanti sanggup ludang kecepeh baik dari semester sebelumnya. Tetap berguru dan semangat meraih cita-cita. Salam sukses dari blog kumpulan soal dan tpendapatan.
Advertisement